Sabtu, 13 Februari 2010

2 Cara Mempercepat koneksi speedy

Atas permintaan rekan-rekan untuk mengetahui bagaimana teknik mempercepat koneksi speedy, kami akan ulas kembali hal tersebut. Teknik ini bukan teknik hacking modem ataupun hacking speedy. Tidak ada cara ‘kekerasan’ yang kami pakai. Untuk rekan rekan di Telkom jangan khawatir teknik yang kami gunakan sekedar mengefektifkan kualitas bandwidth speedy. Murni perhitungan kecepatan dan software. Pada prinsipnya teknik ini bisa digunakan untuk tipe koneksi lainnya.

  1. Cek latency ping dengan cara melihat kecepatan ping untuk alamat DNS/IP yang anda gunakan. Bila kecepatan ping masih diseputar 50ms berarti koneksi anda ke DNS masih relatif normal.

  2. Cek juga hops tracert alamat DNS/IP yang anda gunakan. dengan perintah tracert. Dua hal tadi bisa menggunakan perintah di command prompt. Kami menemukan rata rata latency yang terbaik untuk speedy pada DNS 202.134.0.155/61.94.192.12.Cari DNS-DNS telkom yang tercepat latency ping-nya, dan paling sedikit hops-nya. Menggunakan openDNS (208.67.222.222/208.67.220.220) meski dianggap aman dari spyware dan situs-situs yang berbahaya, tidak disarankan karena latency-nya hingga 800ms.

  3. Kecepatan tidak hanya dilihat dari akses anda ke DNS tapi juga penggunaan lokal DNS dan DNS cache sedikit banyak mengoptimalkan kecepatan akses. Terlebih bila Local DNS anda support terhadap koneksi offline.

  4. Seringkali kita juga bermasalah terhadap cache yang tiba-tiba penuh hingga menyebabkan akses ke DNS menjadi lambat. Atur supaya cache anda bisa refresh secara otomatis.

  5. Banyak koneksi mengalami gangguan dalam pengiriman data, sehingga diperlukan beberapa teknis shaping untuk mengatasi itu. Ini bisa dilihat dari perbandingan antara upstream dan downstream (non simetris loh) yang sekitar 1:1. Misal anda telah menerima data 1 MB dan Mengirim data 1 MB. Teknik shaping ini diperlukan untuk optimalisasi lanjutan.

  6. Gangguan ini juga bisa diakibatkan karena posisi modem yang ter-interfensi listrik. Ataupun kabel telepon yang berdekatan dengan kabel listrik. Cek SMR modem anda.

  7. Menggunakan akselerator (SSH tunneling) ke server yang terdekat/terpendek.

  8. Kami juga menggunakan prinsip kerja torrent/download mass, sehingga pada trafic yang penuh justru server bekerja secara optimal. Ini berhubungan dengan perhitungan cache temporary di server. (mirip squid di UNIX).
    Demikian teknik percepatan koneksi speedy. Dengan teknik ini kami mencoba test kecepatan terhadap server di Eropa masih diatas 300 Kbps (kecepatan internasional).Teknik tambahan untuk mempercepat koneksi dengan mematikan QOS windows (menggeser dari 20% ke 0%). Mematikan sistem restore. Mendefrage harddisk anda, diskcleanup, dan menon-aktifkan automatic update.
    Berkunjung….. salam kenal untuk warnet ya….

    • 202.134.0.155 - nsjkt1.telkom.net.id (Jakarta)

    • 61.94.192.12 - nsdpr1.telkom.net.id (Denpasar)

    • 208.67.222.222 - resolver1.opendns.com (USA)

    • 208.67.220.220 - resolver2.opendns.com (USA)


Dan jangan lupa latency ping juga di pengaruhi traceroute –> terpendek ngomong2 proxy/route pake apa ya….kok ada “cache temporary di server” mikrotik? squid??


Cara yang kedua : mungkin sudah banyak yang langganan telkom speedy tapi merasa resah karena koneksi speedy yang lambat, beberapa trik dibawah mungkin bisa mempercepat telkom speedy kita menjadi lumayan cepat, gak janji sih hehe, gak salah dicoba dulu.
Untuk mempercepat browsing dan download dengan koneksi speedy bisa dipakai proxy server. Aku sudah coba terutama download dengan IDM. Aku bandingin kalau pakai/tdk pakai proxy speed beda sekitar (90-100)%. Kalau aku pakai proxy download sekitar (40-50) KB/sec , tapi kalau pakai bisa (80-90) KB/sec bahkan kalau malam hari (bukan hari libur) rata-rata (100-120) KB/sec. . di jamin deh. Caranya sbb:

  1. Buka firefox => TOOL => OPTION => ADVANCED => NETWORK =>SETTING

  2. Pilih => MANUAL PROXY CONFIGURATION

  3. Pilih => HTTP, masukkan : ” PROXIES.TELKOM.NET.ID ” PILIH => PORT, masukkan :”8080″

  4. Beri tanda centang (klik kiri) pada : “USE THIS PROXY …..” agar sub item tercentang semua

  5. TEKAN “OK”

  6. Pada IDM, MASUK KE TAB PROXY. beri tanda centang (klik kiri) pada : ” HTTP PROXY; HTTPS PROXY ; FTP PROXY ” isikan PORT dengan : 8080

  7. Tekan OK, atau


    Selain cara diatas (dikombinasikan) jika terjadi lelet terutama pd saat browsing, bisa dilakukan sbb :

  • Setting Proxy dikembalikan ke NO PROXY ( setting manual
    PROXY tidak usah dihapus, centang saja di NO PROXY)

  • Setting MODEM ADSL pada bagian DNS PROXY sbb :

  • PRIMARY DNS : 208.67.222.222

  • SECONDARY DNS : 208.67.220.220

  • Setting untuk download pada IDM tetap pakai PROXY seperti diatas.

  • Sudah saya coba browsing pada situs yang banyak open image-nya, tanks to ROXITA



Untuk pengguna Win XP dan Vista

Windows Vista dan XP secara default menahan bandwith sekitar 20 %, cara membebaskan bandwith yang tertahan.
1. Buka Run ketik gpedit.msc
2. Masuk ke Computer Configuration -> Administrative Template -> Network ->
3. Qos Packet Scheduler -> Limit Reservable Bandwith -> pilih enable -> ubah nilainye jadi 0


Dan jangan lupa mozillanya di masukin IDM addons-nya Klik disini


Sumber : daryuz.blogspot.com   | Abee Official Blog

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Ragam Informasi  |  Template by Blogspot tutorial